Halaman




sMogha sajHa bLog iNi biSha bErmaNfaat uNtuk Qt sEmua....
aQ haNya iNgin bErbagi Kisah, pEngalaman dan mUngkin sediKit iLmu yaNg Qu Miliki... apa yaNg aQ tUlis adaLah yaNg aQ kEtahui, jadi Maaf jiKa baNyak kekUrangan daRi Blog ini..

" Berawal dengan nol, Berjalan dengan Proses, Berakhir dengan satu....!! Semoga Selalu Diberkahi dalam Setiap Langkah. Merajut Mimpi, Mengejar Mimpi..!!! " \(^▿^)/°


Minggu, 10 Juni 2012

Format Tugas Psi Sosial Pak Sony (Observasi)


Laporan Studi Lapangan
Observasi  dan Interview


Tema  OBI :                   Penyerobotan Hak Sipil Oleh Pedagang Kaki Lima di wilayah taman kota komplek monumen perjuanagn 45 Banjarsari kota Solo.

Obyek OBI :                 Pedagang kaki Lima di komplek pasar klitikan Banjarsari Solo.

Subyek/Sasaran OBI:  
 1). Pelaku perdagangan kaki lima
  2). Pengunjung/pembeli
  3). Masyarakat /warga yang tinggal disekitar wilayah pasar klitikan banjarsari
 4). Petugas dinas pengelola pasar (DPP) kota Solo
5)      Siapa saja yang berkaitan atau berkepentingan dengan keberadaan pasar klitikan.

Lokasi :   Sebutkan secara mendetail lokasi atau wilayah dimana observasi dan interviu anda lakukan            (dalam contoh di atas lokasi OBI adalah : Komplek pasar klitikan di taman kota monumen perjuangan 45 Banjarsari Solo.

Peresonil Pelaksana : 
Soleh Amini Yahman (F1000500123) Ketua
  Ahmad Dwiyanto Mangkusubroto (F10005004)
 Yudhy Satria Nunggal Jiworogo (F1000050099)
  Pekik Merdeka juwita Persada (F10000500876)
  Susilo Bambang Hamuktikaryo (F1000098645)
          
Pendekatan dalam OBI : Wawancara terstruktur / tidak terstruktur
                           Observasi Berperan serta / tidak berperan serta.

I. Pendahuluan
1.      Uraikan hal-hal yang melarbelakangi mengapa anda melakukan observasi/interviue pada tema permasalahan tersebut.
2.      Jelaskan alasan filosofis maupun alasan praktisnya.
3.      Jelaskan juga seberapa besar kompetensi permasalahan tersebut  sehingga menjadi prioritas untuk diamati
4.      Paparkan realitas dan harapan atas tema permasalahan yang anda angkat tersebut, sehingga menjadi menarik untuk dikaji.

II. Diskripsi hasil Observasi dan wawancara
    
1.      Gambarkan secara umum ‘setting’ yang anda ungkap dalam obsevasi anda melalui penggambaran verbal.
2.      Buatlah kesimpulan verbal dari wawancara yang anda lakukan untuk melengkapi dan memperjelas diskripsi hasil observasi anda . Jadi anda tidak diminta membuat salinan atau transkrip wawancara. Simpulkan permasalahan apa yang anda tangkap dari wawancara anda, kemudian gabungkan dengan kesimpulan observasi sehingga menjadi rumusan masalah.

III. Rumusan Masalah
Dari kedua hal tersebut pada no II buatlah rumusan masalah. Masalah apa yang anda tangkap dari observasi dan wawancara  anda. Pada contoh ini rumusan masalahnya adalah.

1.      Keberadaan pedagang kaki lima di komplek taman monumen perjuangan 45 banjarsari menimbulkan kekumuhan dan kerusakan lingkungan.
2.      Pengalihfungsian taman monumen perjuangan 45 banjarsari dari taman kota menjadi pasar telah merubah struktur kehidupan sosial masyarakat sekitarnya.
3.      Keberadaan pasar klitikan banjarsari menimbulkan polusi sosial dan menyuburkan penyakit masyarakat, seperti pelacuran liar, premanisme, perjudian dsb.
4.      Masyarakat di sekitar taman monumen perjuangan 45 terganggu kenyamanan dan keamanan kehidupan sosial maupun keluarganya.
5.      Dll.

IV. Kajian Teori/Landasan Teori
Kutiplah teori-teori psikologi, sosiologi atau ilmu-ilmu sosial yang lainnya yang relevan dengan rumusan masalah/tema masalah yang anda tangkap. Teori-teori yang relevan tersebut akan sangat berguna bagi anda pada saat anda melakukan analisa terhadap permasalahan.

VI. Analisis Permasalahan
            Berdasarkan permasalahan dan kajian teori sebagaimana tersebut di muka, buatlah analisa permasalahannya. Misalnya mengapa maslah tersebut muncul, faktor-faktor apa yang menjadi penyebabnya. Situasi-situasi yang bagaimana yang mempercepat terjadinya masalah tersebut, dan lain-lain. Juga buatlah estimasi dan prediksi atas perkebangan masalah tersebut. Kira-kira prognosanya bagaimana.

VII. Kesimpulan dan Rekomendasi
            Berikanlah pemaknaan/terjemahkanlah seluruh hasil OBI dalam suatu kesimpulan yang jelas dan tegas tentang apa dan bagaimana permasalah sosial yang timbul. Misalnya anda menemukan gejala “A” dalam Obi ada maka “A” itu maknanya apa.

VII. Treatmen / dan rekomendasi.
            ( untuk praktik ini hal tersebut belum perlu anda kerjakan, sebab materi tentang intervensi dan treatmen masalah-masalah sosial belum diberikan, tunggu setelah anda menempuh mata kuliah paikologi sosial II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar